Langsung ke konten utama

Proposal Usaha

PROPOSAL USAHA

KEWIRAUSAHAAN












DISUSUN OLEH:
                                                     Subingar Triono (17021106002)
Bella Kalalo (17021106003)
Gladys Pongoh (17021106018)
Dinah Syawie (17021106032)





UNIVERSITAS SAM RATULANGI
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
2017/2018






Kata Pengantar


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun proposal ini dengan sebaik mungkin dan dengan hasil yang maksimal.
Proposal ini kami susun bertujuan untuk menunjang usaha sekaligus menambah pengetahuan dan keterampilan dalam berwirausaha. Proposal ini kami sajikan dalam bahasa yang jelas, tepat dan mudah untuk dipahami semua kalangan pembaca.
Dalam proposal ini disajikan pula perkiraan analisis keuangan sehingga dapat memperkirakan berapa uang/modal yang dibutuhkan untuk pembuatan usaha tersebut.
Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.




                                                                                                        Manado, 10  Maret 2016



                                                                                                                Tim Penyusun




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………..i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………...ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Alasan Pemilihan produk……...………………………………………………………………1
1.2  Manfaat Produk………………………………………………………………………………..1
1.3  Tujuan Produk…..……………………………………………………………………………..1
BAB II ASPEK PRODUK
2.1  Jenis Produk…………………...………………………………………………………………2
2.2   Bahan Baku…………………….……………………………………………………………..2
2.3  Kualifikasi Produk…………….……………………………………………………………....2
2.4  Jumlah Produksi dan Harga Produksi….……...……………………………………………....2
2.5  Analisa Pesaing….……...……………………………………………......................................2
BAB III ASPEK PERMODALAN DAN PEMASARAN
3.1  Modal ………….……...……………………………………………........................................3
3.2  Target Pasar ……...…...……………………………………………........................................3
3.3  Strategi Pemasaran …………………………………………………........................................3
3.4  Analisa SWOT…………………………………………………...............................................3
BAB IV PENUTUP
4.1  Kesimpulan….…………………………………………………...............................................4
3.5  Saran……….…..………………………………………………...............................................4









BAB I
PENDAHULUAN



I.1   Alasan Pemilihan Produk
Dengan mata kuliah wirausaha ini, kami sekelompok berusaha untuk membuat produk sticker dengan aneka ragam desain yang bervariasi.
I.2   Manfaat Produk
Secara umum pemilihan produk ini berdasarkan pada bahan kertas sticker yang bisa didapat dengan mudah, selain itu proses pembuatannya cepat dan mampu memberikan jumlah produksi yang banyak pada setiap produksi sticker.
Selain itu, produk ini sangat cocok bagi para wirausahan muda yang ingin memulai usahanya karena bahan yang digunakan untuk menceak sticker selain mudah didapat juga memiliki harga yang murah.
I.3   Tujuan Produk

Adapun tujuan pemilihan produk sticker ini yaitu :
·         Memperoleh keuntungan dalam usaha karena bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar.
·         Menyediakan sticker dengan beraneka ragam variasi desain dan bisa di request.
·         Menjual sticker yang bisa menyasar ke semua kalangan.






BAB II
ASPEK PRODUK

II.1   Jenis Produk
Barang

II.2   Bahan Baku
 Kertas, Print, Tinta.

II.3   Kualifikasi Produk
  • Memiliki varian desain dan gambar
  • Kualitas sticker yang berkualitas
II.4   Jumlah produksi dan harga produksi
Produk sticker ini diproduksi sebanyak 100 pcs per produksi dan dijual dengan harga Rp.5.000,- / pcs.

II.5   Analisa Pesaing
Itu sudah hal wajar bagi para pengusaha, baik kendala kecil maupun besar. Kami akan memperbanyak inovasi desain dalam usaha sticker eceran ini, mengembangkan kreasi ide desain guna menciptakan ciri khas bisnis sticker eceran yang kami dirikan. Konsumen juga dapat merequest desain kepada kami, apabila konsumen tidak cocok dengan desain yang kami sediakan. Serta menonjolkan kualitas sticker yang berkualitas dan harga yang ekonomis bagi kosumen.





      
BAB III
ASPEK PERMODALAN DAN PEMASARAN

III.1Modal
Dengan modal uang 100 ribu rupiah kami bisa mendapat 10 lembar sticker atau sebanyak 120 pcs. Itu berarti modal awal tiap lembar sticker adalah 10.000 dan tiap pcsnya sekitar 1.000 rupiah. Kalau kami bisa menjual kembali dengan harga 5.000 per pcs, keuntungan yang bisa di dapat adalah 600 ribu rupiah. Atau sekitar 60% dari modal yang kami keluarkan.
Hitungan tersebut hanya hitungan kasar. Jumlah keuntungan bervariasi tergantung dimana kami berjualan dan bagaimana cara kami berjualan. Tapi secara umum, sticker yang kami jual bisa dijual kembali secara eceran dengan harga 5x lipatnya.
III.2            Target Pasar
Produk pudding ini akan dipasarkan dikalangan mahasiswa UNSRAT.

III.3Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran dari produk ini adalah pemasaran langsung kekonsumen.

III.4            Analisa SWOT
  • Strength (Kekuatan)
Produk kami memiliki varian desain serta gambar yang beragam, mempunyai kualitas kertas yang bagus, dan konsumen dapat merequest gambar sesuai dengan selera.
  • Weakness (Kelemahan)
Produk yang sudah tidak dingin menurunkan masukan
  • Oppurtunity (Peluang)
Bisa ditawarkan pada dosen atau mahasiswa yang baru saja menyelesaikan perkuliahan.
  • Thread (Ancaman)
Jenuhnya konsumen untuk membeli sticker






BAB IV
PENUTUP

IV.1         Kesimpulan
Dari berbagai macam proses yang kami jalani selama mata kuliah Kewirausahaan ini sangatlah bermanfaat dan memberi kami berbagai macam pengalaman mengenai berwirausaha. Tidak hanya sekedar teori saja namun juga praktek membuat kreasi produk baru dan memasarkannya langsung kepada konsumen.

Dengan begitulah kami mampu untuk mengasah kemampuan berwirausaha kami, yang ternyata tidak hanya kemampuan di salah satu bidang saja ternyata kita mamu untuk memulai dan belajar untuk berwirausaha. Terlebih lagi kami mampu menggunakan pangsa pasar online untuk memasarkan produk yang kami hasilkan ini.

IV.2         Saran
Saran dan kritik kami tujukan pada semua yang memiliki pengetahuan lebih mengenai peluang usaha ini, sehingga kami bisa memperbaiki serta mengembangkan usahanya ini menjadi lebih baik lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warung Lalapan Dinda salah satu destinasi kuliner Manado

Belum lengkap rasanya ke-Manado tampa merasakan kuliner-kulinernya yang sangat beraneka ragam bahkan hingga mendunia. Selain keaneka ragamannya, kuliner manado juga dikenal karena makanan-makanannya yang didominasi oleh makanan yang pedas-pedas. Dalam blog saya kali ini saya akan memperkenalkan satu tempat wisata kuliner yang sering saya kunjungi disaat hari libur. Warung Lalapan Dinda begitulah nama tempat itu dikenal. Warung Lalapan Dinda ini bertempat di Sario, Jln. Ahmad Yani di samping Aula Idaman. Warung ini buka setiap hari pada pukul 18.00-12.30 wita. Ayam bakar rica dan Ayam bakar madu adalah dua menu makanan yang menjadi andalan dari warung ini, diikuti dengan nasi goreng, ayam lalapan, gulai kambing, dan lain sebagainya. Harga kuliner yang di jual cukup terjangkau mulai dari Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000. Untuk harga 1 paket Ayam bakar dihargai Rp.23.000.  (ayam bakar madu) Warung Lalapan Dinda ini sudah berdiri selama 6 Tahun dari tahun 2012, dan di kelola o...