PROPOSAL USAHA
KEWIRAUSAHAAN
DISUSUN
OLEH:
Subingar
Triono (17021106002)
Bella
Kalalo (17021106003)
Gladys
Pongoh (17021106018)
Dinah
Syawie (17021106032)
UNIVERSITAS
SAM RATULANGI
FAKULTAS
TEKNIK
PROGRAM
STUDI INFORMATIKA
2017/2018
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun
proposal ini dengan sebaik mungkin dan dengan hasil yang maksimal.
Proposal ini
kami susun bertujuan untuk menunjang usaha sekaligus menambah pengetahuan dan
keterampilan dalam berwirausaha. Proposal ini kami sajikan dalam bahasa yang
jelas, tepat dan mudah untuk dipahami semua kalangan pembaca.
Dalam
proposal ini disajikan pula perkiraan analisis keuangan sehingga dapat
memperkirakan berapa uang/modal yang dibutuhkan untuk pembuatan usaha tersebut.
Semoga
proposal ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.
Manado, 10 Maret 2016
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR……………………………………………………………………………..i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………...ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Alasan Pemilihan
produk……...………………………………………………………………1
1.2
Manfaat Produk………………………………………………………………………………..1
1.3
Tujuan Produk…..……………………………………………………………………………..1
BAB II ASPEK PRODUK
2.1
Jenis Produk…………………...………………………………………………………………2
2.2
Bahan Baku…………………….……………………………………………………………..2
2.3
Kualifikasi Produk…………….……………………………………………………………....2
2.4
Jumlah
Produksi dan Harga Produksi….……...……………………………………………....2
2.5
Analisa
Pesaing….……...……………………………………………......................................2
BAB III ASPEK PERMODALAN DAN PEMASARAN
3.1
Modal ………….……...……………………………………………........................................3
3.2
Target Pasar
……...…...……………………………………………........................................3
3.3
Strategi
Pemasaran …………………………………………………........................................3
3.4
Analisa SWOT…………………………………………………...............................................3
BAB IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan….…………………………………………………...............................................4
3.5
Saran……….…..………………………………………………...............................................4
BAB I
PENDAHULUAN
I.1
Alasan
Pemilihan Produk
Dengan mata kuliah wirausaha ini, kami sekelompok berusaha
untuk membuat produk sticker dengan aneka ragam desain yang bervariasi.
I.2
Manfaat Produk
Secara umum pemilihan produk ini berdasarkan pada bahan
kertas sticker yang bisa didapat dengan mudah, selain itu proses pembuatannya
cepat dan mampu memberikan jumlah produksi yang banyak pada setiap produksi
sticker.
Selain itu, produk ini sangat cocok bagi para wirausahan
muda yang ingin memulai usahanya karena bahan yang digunakan untuk menceak
sticker selain mudah didapat juga memiliki harga yang murah.
I.3
Tujuan Produk
Adapun tujuan pemilihan produk sticker ini yaitu :
·
Memperoleh keuntungan dalam usaha
karena bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar.
·
Menyediakan sticker dengan beraneka
ragam variasi desain dan bisa di request.
·
Menjual sticker yang bisa menyasar
ke semua kalangan.
BAB II
ASPEK PRODUK
II.1
Jenis
Produk
Barang
II.2
Bahan Baku
Kertas, Print, Tinta.
II.3
Kualifikasi
Produk
- Memiliki varian desain dan gambar
- Kualitas sticker yang berkualitas
II.4
Jumlah produksi dan harga produksi
Produk sticker ini diproduksi sebanyak 100 pcs per produksi
dan dijual dengan harga Rp.5.000,- / pcs.
II.5
Analisa Pesaing
Itu
sudah hal wajar bagi para pengusaha, baik kendala kecil maupun besar. Kami akan
memperbanyak inovasi desain dalam usaha sticker eceran ini, mengembangkan
kreasi ide desain guna menciptakan ciri khas bisnis sticker eceran yang kami dirikan.
Konsumen juga dapat merequest desain kepada kami, apabila konsumen tidak cocok
dengan desain yang kami sediakan. Serta menonjolkan kualitas sticker yang
berkualitas dan harga yang ekonomis bagi kosumen.
BAB III
ASPEK PERMODALAN DAN PEMASARAN
III.1Modal
Dengan
modal uang 100 ribu rupiah kami bisa mendapat 10 lembar sticker atau sebanyak
120 pcs. Itu berarti modal awal tiap lembar sticker adalah 10.000 dan tiap
pcsnya sekitar 1.000 rupiah. Kalau kami bisa menjual kembali dengan harga 5.000
per pcs, keuntungan yang bisa di dapat adalah 600 ribu rupiah. Atau sekitar 60%
dari modal yang kami keluarkan.
Hitungan tersebut hanya hitungan kasar. Jumlah keuntungan bervariasi
tergantung dimana kami berjualan dan bagaimana cara kami berjualan. Tapi secara
umum, sticker yang kami jual bisa dijual kembali secara eceran dengan harga 5x
lipatnya.
III.2
Target
Pasar
Produk pudding ini akan dipasarkan dikalangan mahasiswa UNSRAT.
III.3Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran dari produk ini adalah pemasaran langsung
kekonsumen.
III.4
Analisa
SWOT
- Strength (Kekuatan)
Produk
kami memiliki varian desain serta gambar yang beragam, mempunyai kualitas
kertas yang bagus, dan konsumen dapat merequest gambar sesuai dengan selera.
- Weakness (Kelemahan)
Produk
yang sudah tidak dingin menurunkan masukan
- Oppurtunity (Peluang)
Bisa
ditawarkan pada dosen atau mahasiswa yang baru saja menyelesaikan perkuliahan.
- Thread (Ancaman)
Jenuhnya
konsumen untuk membeli sticker
BAB IV
PENUTUP
IV.1
Kesimpulan
Dari berbagai macam proses yang kami jalani selama mata
kuliah Kewirausahaan ini sangatlah bermanfaat dan memberi kami berbagai macam
pengalaman mengenai berwirausaha. Tidak hanya sekedar teori saja namun juga
praktek membuat kreasi produk baru dan memasarkannya langsung kepada konsumen.
Dengan begitulah kami mampu untuk mengasah kemampuan
berwirausaha kami, yang ternyata tidak hanya kemampuan di salah satu bidang
saja ternyata kita mamu untuk memulai dan belajar untuk berwirausaha. Terlebih
lagi kami mampu menggunakan pangsa pasar online untuk memasarkan produk yang
kami hasilkan ini.
IV.2
Saran
Saran dan kritik kami tujukan pada
semua yang memiliki pengetahuan lebih mengenai peluang usaha ini, sehingga kami
bisa memperbaiki serta mengembangkan usahanya ini menjadi lebih baik lagi.
Komentar
Posting Komentar